Awas! Posting Foto Peralatan Militer China, Penjara Menanti

SHARE  

China's K-8 aircraft from the Aerobatic Team  Foto: Pesawat K-8 China (AP/Kin Cheung)

Jakarta, CNBC Indonesia – Di era intelijen sumber terbuka, salah satu cara utama bagi Barat untuk mengawasi militer China adalah dengan menganalisis foto-foto peralatan Tentara Pembebasan Rakyat (People’s Liberation Army) yang diunggah secara online oleh para penggemar amatir.

Mengunggah foto kapal atau pesawat militer yang diambil dari luar instalasi PLA atau dari penerbangan komersial di dekat wilayah sensitif telah menjadi hal wajar dalam beberapa tahun terakhir, apalagi ketika China dengan cepat memodernisasi pasukannya.

Setelah memotret, para penggemar militer ini menyebarkan gambar-gambar tersebut ke dunia luar melalui situs media sosial seperti Weibo dengan ratusan juta pengguna aktif

Namun kini mereka tak bisa lagi melakukan kegiatan tersebut. Pasalnya, Kementerian Keamanan Negara China turun tangan dan mengatur kegiatan tersebut.

Baca: Heboh Skandal 72 Virgins Uncensored Militer Israel, Ini Penjelasannya

Seperti dilansir CNN International, dalam postingan WeChat berjudul “Ini adalah hobi yang keren, tetapi Anda harus sangat berhati-hati,” pihak kementerian memperingatkan, “antusiasme sejumlah penggemar militer sangat membahayakan keamanan militer nasional yang secara ilegal mendapatkan informasi mengenai pertahanan nasional lalu menyebarkannya di media sosial”.

“Dengan fokus pada bandara militer, pelabuhan, pertahanan nasional, dan unit industri militer, mereka berkendara ke atau menumpang kapal feri atau pesawat yang melewati rute yang ditentukan, dan secara sembunyi-sembunyi memotret dengan lensa telefoto atau drone,” demikian ditulis dari mata- mata sipil yang sangat tertutup tersebut, dikutip dari CNN International, Sabtu (10/2/2024).

Pelanggar yang melakukan kesalahan dapat dipenjara hingga tujuh tahun, meskipun pelanggar pertama kali atau sesekali yang mungkin hanya menerima peringatan.

Peringatan ini muncul ketika para pemimpin China fokus dalam memastikan keamanan nasional di berbagai sektor, terutama ketika ketegangan meningkat dengan Amerika Serikat.

Baca: Awas Xi Jinping Ngamuk, Filipina-AS Kerahkan Kapal Perang di LCS

Menurut unggahan badan mata-mata tersebut, gambar yang diunggah online dapat menunjukkan kemajuan pembangunan kapal perang atau pesawat terbang sekaligus mengungkapkan rincian operasional dan teknis perangkat keras militer China. Unggahan tersebut secara khusus menyebutkan kapal induk sebagai salah satu area di mana keamanan dapat dikompromikan.

Kapal induk terbaru Tiongkok, Fujian, sering menjadi sasaran pengintai amatir saat dipasang di galangan kapal Shanghai. Galangan kapal Jiangnan tempat pekerjaan dilakukan dekat dengan jalur penerbangan Bandara Internasional Pudong Shanghai.

Pada bulan November, situs berita pertahanan yang berbasis di Paris, Naval News, melaporkan bahwa Fujian telah mulai menguji sistem ketapel elektromagnetik canggihnya, berdasarkan video yang diunggah di Weibo yang tampaknya diambil dari sebuah pesawat penumpang yang keluar dari https://selerapedas.com/Pudong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*