Avanza Tersingkir, Ini Rahasia Kijang Innova Jadi Mobil Terlaris di RI

SHARE  

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) meluncurkan ekspor perdana Toyota Innova Zenix berbasis kendaraan listrik hybrid. (CNBC Indonesia/Suhendra) Foto: PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) meluncurkan ekspor perdana Toyota Innova Zenix berbasis kendaraan listrik hybrid. (CNBC Indonesia/Suhendra)

Jakarta, CNBC Indonesia – Pasar otomotif Indonesia melahirkan jawara baru di tahun 2023 lalu, dia adalah Toyota Kijang Innova yang menggeser kedigdayaan sang adik, Toyota Avanza yang di tahun sebelumnya menjadi mobil terlaris. Masuknya Innova sebagai mobil terlaris juga sekaligus juga mengalahkan Honda Brio.

“Kita tidak boleh melupakan sejarah panjang Innova yang berasal dari Kijang lahir jauh sebelum Avanza Brio dan lain-lain. Saya menilai inilah saat comeback-nya menjadi pemain teratas di pasar otomotif negeri ini. Selama ini konsumen setianya mengharapkan inovasi terkini,” kata Pengamat Otomotif Bebin Djuana kepada CNBC Indonesia, Rabu (17/1/2024).

Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid rilis pada November 2022 lalu dengan harga mulai dari Rp 458.000.000 untuk Innova Zenix 2.0 hingga termahal Innova Zenix 2.0 Q HV Modellista di harga Rp 611.000.000.

Secara spesifikasi, panjang innova hybrid ini adalah 4.755 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.795 mm. Selain itu, untuk ukuran Ground Clearancenya adalah 185 mm dengan Wheelbase 2.850 mm.

Untuk mesin yang digunakan pada innova hybrid ini berupa mesin bertipe M20A-FXS 4 cylinders, in-line 16-Valve DOHC, chain drive Dual VVT-i. Sedangkan isi silinder innova generasi terbaru ini adalah sebesar 1.987 cc.

Dengan menggunakan sistem bahan bakar berupa Direct injection, port injection D-4S system, mesin ini dapat menghasilkan daya maksimum sebesar 186 (System), 152/ 6000 (Engine) ps/rpm. dan untuk torsi yang dihasilkan sebesar 19,1 / 4400-5200 (Engine) kgm/rpm.

Ternyata kehadiran Innova hybrid sesuai harapan konsumen. Jika menyimak apa yang terjadi akhir-akhir ini pasar kita haus dengan inovasi-inovasi terkini, tipe-tipe hybrid menjadi pilihan,” kata Bebin.

Lalu, apa artinya Avanza perlu dijadikan hybrid seperti Innova agar bisa menjadi mobil terlaris?

“Masyarakat inginkan hybrid tapi dengan harga yang lebih terjangkau,sekarang ini Masih terasa mahal, maka diusulkan agar pajak mewah setidaknya dihapuskan. Hasilnya akan dirasakan.

Hadirnya Innova Zenix Hybrid langsung menggusur larisnya penjualan Avanza. Sepanjang 2023, Toyota Kijang Innova berhasil menjual sebanyak 66.460 unit yang merupakan gabungan tipe Zenix dan Reborn. Innova mampu mengalahkan beberapa nama seperti Honda Brio (Satya dan RS) yang terjual 62.195 unit dan Daihatsu Sigra yang terjual 61.752 unit. Toyota Avanza justru berada di posisi keempat dengan https://selerapedas.com/penjualan 59.543 unit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*