Jokowi Ungkap Proses Pemindahan ASN ke IKN

SHARE  

Jokowi saat peletakan batu pertama atau groundbreaking Gedung Kantor PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk di Kawasan Ibu Kota Nusantara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Kamis, (29/2/2024). (CNBC Indonesia/EMmir Yanwardhana) Foto: Jokowi saat peletakan batu pertama atau groundbreaking Gedung Kantor PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk di Kawasan Ibu Kota Nusantara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Kamis, (29/2/2024). (CNBC Indonesia/EMmir Yanwardhana)

Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan tahapan proses pemindahan aparatur sipil negara (ASN) ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim). Pemindahan ASN ini dilakukan secara bertahap pada 2024

Jokowi menjelaskan pemindahan ini harus dilakukan secara bertahap, mengingat masih berjalannya pembangunan di iKN.

“ASN akan dipindah secara bertahap karena kita akan menyiapkan fasilitas-fasilitas pendukung,” ucap Jokowi, dikutip dari Detikcom, kemarin (29/2/2024).

Baca: Jokowi Berkantor di IKN Mulai Juli, ASN Menyusul Bertahap

Fasilitas tersebut disiapkan guna menunjang kehidupan pegawai yang akan dipindahkan. Fasilitas itu seperti perumahan, sekolah, rumah sakit dan lain sebagainya.

“Misalnya perumahan, itu yang paling penting. Kemudian, sekolah untuk anak-anak beliau-beliau (ASN) yang pindah ke sini. Rumah sakit (juga) kalau ada yang sakit misalnya,” ujarnya.

Jokowi mengaku hal ini tidak mudah untuk dipersiapkan. “manajemen semua ini tidak gampang. Ini yang sedang kita siapkan,” tegas Jokowi.

Kendati demikian, dia menargetkan dalam 10 tahun, IKN bisa menjadi kota layak huni.

“Kita perkirakan dalam 10 tahun kota ini (IKN) akan sudah menjadi kota yg hidup, yang dihuni oleh banyak masyarakat https://selerapedas.com/kita,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*